Kedua penulis/ pengarang menyandarkan karyanya sebagai karya seni dengan mengambil kepingan-kepingan sejarah atas pilihan-pilihan subjektif. Maknanya, karya-karya itu mestinya dibaca sebagai naratif karya seni, bukan sebagai naratif sejarah; betapa pun yang dikisahkannya terkait dengan kejadian, peristiwa, dan tokoh-tokoh yang diyakini ada, nyata, dan benar-benar terjadi di masa lalu.
Dalam menyajikan naratifnya, penulis/ pengarang berperan aktif mengisi ruang kosong di antara kata, baris, dan alinea yang ada dalam sejarah dengan tafsir. Dalam Opera Tun Teja, jalinan konflik pribadi dan kepentingan tokoh-tokohnya didedahkan; tafsir atas alasan-alasan para tokoh bertindak di dalam naratif sejarah. Bagaimana hubungan-hubungan Tun Teja–Hang Tuah, Tun Teja–Hang Jebat, dan Tun Teja–Sultan Mahmud mempengaruhi peristiwa yang tertuang dalam naratif sejarah.