Beranda / Budaya Melayu Riau / Budaya Melayu Riau Muatan Lokal (Full)
Budaya Melayu Riau Muatan Lokal
Muatan Lokal - Budaya Melayu Riau full pdf

Budaya Melayu Riau Muatan Lokal (Full)

Budaya Melayu Riau Muatan Lokal – Buku muatan lokal ini merupakan sumber bahan ajar yang nantinya guru akan menyusun buku pegangan guru dan buku siswa dari berbagai tingkatan sekolah yang lebih teknis dan aplikatif. Buku ini mengikuti kurikulum muatan lokal yang sudah disusun sebelumnya dan merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 Pasal 77N ayat (3) tentang Muatan Lokal pada Satuan Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Buku materi muatan lokal Budaya Melayu ini diharapkan memenuhi keinginan pokok berkaitan dengan pencapaian visi Riau 2020 di bidang kebudayaan itu, yakni:

Pertama, dapat memberikan wawasan yang luas pada peserta didik tentang kekhususan yang ada di lingkungannya untuk menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pada akhirnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan daya saing peserta didik. Kedua, diharapkan buku ini dapat diterapkan pada Muatan Lokal dan dilanjutkan dengan penyusunan buku pegangan guru dan siswa. Selain alasan teknis di atas, juga ada harapan-harapan lain, yakni, ketiga, materi buku ini menjadi bukti tekstual tentang kekayaan khasanah budaya Melayu di Riau. Keempat, buku ini dapat memberi pemahaman awal yang tentu saja masih bersifat umum tentang butir-butir karya budaya Melayu Riau, tempat karya-karya bertapak dan berkembang, serta pelaku-pelaku (baik individu maupun komunitas) yang memangku tradisi itu dari zaman ke zaman. Kelima, arus perubahan sering tak dapat diramal dari mana datangnya, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan atau kematian sebuah tradisi. Dalam konteks ini, buku ini setidaknya menjadi rekaman tekstual yang mendokumentasikan kosabudaya: yang masih bertahan hidup dan yang kehidupannya masih terlacak. Usaha ini menjadi bahan yang relatif berharga bagi pengetahuan masa depan tentang apa-apa yang dipandang penting di zaman kita ini.

Selengkapnya :

Klik tombol dibawah ini untuk download:

D O W N L O A D

> Buku Budaya Melayu Riau Full PDF (6339 downloads)

 

Lihat Juga

Budaya Melayu Riau – Bab 4

BAB IVADAT DAN ADAB MELAYU RIAU 4.1.1 Takrif Adat Masyarakat Melayu Riau Adat adalah kebiasaan ...

3 Komentar

  1. Kok nggak ada menu downloadnya?

  2. syabas tahniah; sangat bermanfaat
    apa tanda melayu jati, pada budaya ianya mengerti

    tak melayu hilang di bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!