LAMRiau.id – Sastra lisan ini mengisahkan percintaan antara seorang pemuda bernama Bujang Sicuriang dan seorang gadis bernama Mundom Sibonsu. Keduanya bersepupu, karena ibu Sicuriang dan ayah Sibonsu bersaudara kandung. Keduanya adalah keturunan bangsawan. Namun, ibu Sicuriang menikah dengan orang pesukuan (biasa), sehingga Sicuriang tidak mendapatkan warisan “cucuran raja-raja”, bukan bangsawan. Ketika Sicuriang masih kecil, ibunya meninggal. Mamaknya (paman), abang ibunya yang bernama Dorajo Mudo kemudian mengambil dan mengasuhnya. Di rumah mamaknya, Sicuriang membantu pekerjaan sehari-hari.
Mundom Sibonsu adalah anak perempuan satu-satunya Dorajo dari pernikahannya dengan Kak Ilan, seorang keturunan bangsawan. Usianya terpaut enam tahun lebih muda dari Sicuriang. Sejak kecil dia dekat dengan Sicuriang, sebagai satu-satunya saudara yang dimilikinya. Konon, Sibonsu hanya mau tidur bila dibuai oleh Sicuriang. Hanya mau makan apabila disuap Sicuriang. Bahkan mandi pun dimandikan oleh Sicuriang.
Kedekatan keduanya berlangsung hingga Sibonsu beranjak dewasa dan tumbuh menjadi perempuan cantik. Kecantikannya digambarkan sebagai berikut:
Tangong, mukonyo bulek bak bulan ponoh cahayo
Muko bak bulan ompek boleh tompannyo
Bak bulan mongambang
Rambuiknyo supanjang badan
Koritiang mayang tourai
Koniak bokilek kiliran tajam
Bulu ali somuik boiriang
Bulu mato bungkuk sabuik
Poncoloan sirauik jatoh
Coliek momutih rangkai hati
Tolingo jorek totahan
Pipi pauh dilayang
Idong pancong tolutuk
Gigi tolopak putieh
Popek gigi pancong bongkunang
Bibienyo asam sulaik
Bibie bawah sauk mongonai
Gadu awan togantong
Lihie kansu bokotak
Tubuh tinggi somampai
Putieh badan lilin dituang
Moncolu rupo
Sementara, Sicuriang tumbuh menjadi pemuda biasa. Namun, perangainya elok. Sibonsu pun mulai merasakan cinta pada pemuda yang semenjak kecil mengasuhnya ini. Sicuriang menyadari kecantikan Sibonsu, yang “rancak bolobieh” (tiada tara), pelahan-lahan tumbuh pula cintanya pada gadis itu hingga lupa diri.
Dalam tradisi Melayu Rokan, Sicuriang dan Sibonsu adalah sepupu “ujung ladang”, pasangan ideal dalam pernikahan. Akan tetapi, karena Sicuriang adalah orang biasa, maka ia bukanlah jodoh yang “patut” untuk Sibonsu yang berdarah bangsawan. Dorajo Mudo dan Kak Ilan mengharapkan agar Sibonsu kelak menikah dengan orang sederajat, sesama bangsawan.
Sastra lisan ini tidak hanya menggambarkan percintaan antara Sicuriang dengan Sibonsu yang penuh tantangan, melainkan juga memaparkan struktur sosial dan nilai-nilai kultural yang berlaku dalam masyarakat Melayu di Rokan Hulu.
Struktur sastra lisan ini terdiri dari 100 rangkaian pantun yang sebagian besar merupakan dialog percintaan tokoh-tokoh utamanya, Sicuriang dan Sibonsu. Oleh karena itu, sastra lisan ini juga dikenal dengan sebutan pantun atuih (pantun seratus). Pengisahannya sebagian dilagukan, sebagian dituturkan. Bahkan ada yang dilagukan dengan iringan gendang. Iramanya muratok (meratap) dan timang.
Berikut ini sebagian pantun dalam sastra lisan Sicuriang:
Sibonsu:
Oso diparang mongorobeh
Bak kalam timpo monimpo
Monompuh lauik padang tak andeh
Di situlah kito cinto monyinto
Sicuriang:
Kolo bak kalam timpo monimpo
Samo bak timbong mandi perigi
Kolo di situ cinto monyinto
Samo bak mati mongontong diri
Sibonsu:
Duolah uo di pulau anak
Mati diadang dengan sumpitan
Surang manih surang pogulutan
Kami boduo bang boduo sanak
Sicuriang:
Mati di adang dengan sumpitan
Baok kajang bobolah duo
Surang manih surang pogulutan
Sayang ko adiek berubah tido
Sibonsu:
Tigo rigo di Lubuk Dulang
Potomeh cundong ko jao
Samo luluh te na bang samo hilang
Abih omeh bang kabongkan nyao
Sicuriang:
Kolo potomeh cundong ko jao
Alu diponteh dibuek titi
Abih omeh kabongkan nyao
Baru bolopeh dondom di ati
Sibonsu:
Botompek tiduo di panteh
Sayang bolimu dengan gurunyo
Cakap bang jangan siou pinteh
Bukan betu pokat dolunyo
Sicuriang:
Kolo lah borompek tiduo di ponteh
Kain basahan diampaikannyo
Cakap jangan siou pinteh
Ibarat bojalan lambek sampenyo
Sibonsu:
Malam kolimu dipanto-panto
Dipanto di ujong galah
Iduik kito bomaso-maso
Kito bosamu hambo Allah
Sicuriang:
Dipanto diek di ujong galah
Lampong tunom tosangkuik lamu
Kolo lah bosamu hambo Allah
Kopong tongolop kito bosamu
Sibonsu:
Tukang boronom momocah garam
Takong tolotak di pintu tigo
Abang ibarat ayie dalam
Totakong banyak tominum tido
Sicuriang:
Batang tolampong batang potomeh
Sogu monitan dibuek paku
Sogu monitan dibuek paku
Barang totakong olah kukomeh
Taka manisan bolom kan dolu
Sibonsu:
Tujuh tujuh onou ku sagu
Tinggiran unggeh panjang kopak
Tujuh buah lancang non lalu
Lancang Sicuriang juo non tampak
Sicuriang:
Tinggiran unggeh panjang kopak
Tali sosauk kito gobakan
Kolo lancang ko juo non nampak
Mari masuk kito lajakan
Sibonsu:
Ujong papan kopalo papan
Papan dilariek kumbang donti
Abang ibarat kain kopan
Lapuk non tido kan boganti
Sicuriang:
Sogu batu dibolah-bolah
Batang soroji dibaji juo
Sado itu indo kan payah
Kolo porolu aku gantinyo
Sibonsu:
Ikuo tilang kopalo nilam
Nilam dipaluik sarang gogalo
Koluhlah kosah bang tiduo di tilam
Rambuik panjang kalang boduo
Sicuriang:
Sabuik manyang soludangnyo duo
Upieh pomaluk patah lalu
Rambuik panjang kalang boduo
Tiduo sosalimuik usahleh dolu
Sibonsu:
Sopuluh tajam tomilang
Pongorek urek sijomoteh
Samo luluh isuk samo hilang
Samolah bak dawat dengan koroteh
Sicuriang:
Jiko dikorek urek jomoteh
Urek monyilu ko dalam padi
Kolo bak dawat dengan koroteh
Barulah cakap sampai ko ati
Narasumber: Taslim F. Datuk Mogek Intan
Penulis: Sita Rohana