Beranda / Matabudaya / Sedingin,Sosor Bebek

Sedingin,Sosor Bebek

Sedingin, Semangkok

Kalanchoe pinnata. Sedingin merupakan tumbuhan yang batang dan daunnya mengandung air. Biasanya tumbuh subur di tanah yang agak lembab dan teduh. Daunnya bergerigi yang tiap geriginya menjadi tempat tumbuhnya tunas-tunas baru. Bunganya kecil berwarna kuning kehijauan. Tumbuhan ini menyukai tempat yang agak lembap dan redup.

Dalam tradisi Melayu Riau, daun sedingin merupakan perlengkapan utama dalam prosesi Tepuk Tepung Tawar yaitu sebagai perenjis seperti halnya daun ati-ati, juang-juang, setawar, dan gandarusa. Makna kultural daun sedingin adalah mendinginkan yang panas agar hidup dapat tenang, damai, dan tenteram.

Daun sedingin juga merupakan herba tradisional yang memiliki khasiat pengobatan. Dalam pengobatan tradisional, sifatnya yang menyejukkan dipercaya dapat menyejukkan badan yang terserang demam panas, yaitu dengan meremas daunnya di dalam air dan mengompreskannya pada si sakit. Secara medis, daunnya dapat menjadi obat penyakit batu ginjal, ulkus lambung, infeksi paru, dan rematik. (SR)
Sumber:
Quazi Majaz A., A.U. Tatiya, Molvi Khurshid, Sayyed Nazim, Shaikh Siraj “The miracle plant (Kalanchoe pinnata): A phytochemical and pharmacological review”, dalam International Journal of Research in Ayurveda and Pharmacy 2(5), Mei 2011.

Lihat Juga

Syair Perang Siak

[Catatan pembuka: Sebagian besar tulisan ini merupakan saduran ringkas dari kajian G.L. Koster tentang Syair ...

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!