Beranda / Syahdan / Cerita di Balik Nama

Cerita di Balik Nama

cerita rakyat riau
Ilustrasi: Junaidi Syam

Pada tahun 2006, Yayasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) bersama lembaga Care and Empowerment for Community (CECOM) Pekanbaru menyelenggarakan sayembara menulis cerita-cerita pusaka se-Riau. Sayembara itu diberi nama BM Syams Award, menggunakan nama pengarang Melayu, Alm. BM Syamsuddin, yang semasa hidupnya banyak menulis cerita rakyat.

Sayembara BM Syams Award dikhususkan bagi pelajar SMP-SMA sederajat. Di bawah bimbingan gurunya, peserta diharuskan mewawancarai narasumber yaitu orang atau tokoh setempat yang mengetahui kisah asal-usul, legenda, atau mitos di balik nama tempat/ kampung/ desa mereka. Kisahan yang dituliskan oleh peserta itulah yang dinilai juri (Al azhar, Alm. Sudarno Mahyudin, Abel Tasman, Mosthamir Thalib, dan Erianto Hadi).

Ada 21 cerita yang disarankan juri untuk diterbitkan, enam di antaranya merupakan pemenang sayembara itu. Ke-21 cerita tersebut disunting oleh Alang Rizal, Hukmi, dan Alm. Sudarno Mahyudin; diterbitkan oleh Gurindam Press (2006), dengan judul Sang Ular: Asal Nama Desa Sanglar. Kulit buku dan gambar hiasan (ilustrasi) isinya dirancang oleh Jon Kobet (Junaidi Syam).

Atas izin penerbit Gurindam Press dan para penyuntingnya, lamriau.id melakukan digitalisasi buku tersebut untuk kemudian dimuat-naik di laman sesawang ini, mengisi kanal Kampung Halaman. Selain mengekalkan dokumen buku tersebut dalam bentuk digital, cerita-cerita yang ditulis para remaja kita waktu itu (12 tahun yang lalu) dapat pula disebar lebih luas melalui media daring. Siapa tahu, ada di antara remaja-remaja di Riau hari ini yang terangsang untuk berbuat hal yang sama dengan pendahulunya: lasak mencari tahu dan mengenali ruang tempat ia berada bersama ingatan kolektif turun-temurun masyarakat tentangnya, menuliskannya, sebagai suatu cara mendokumentasi dan menyebarkannya di masa kini.

Kenal-paham lingkungan adalah bagian dari mengenal diri.

 

 

Ke-21 cerita tersebut yaitu:

Sang Ular, asal mula nama Desa Sanglar

Legenda asal mula nama Desa Kubang Buaya

Tanjung Sari

Asal-usul Desa Petapahan

Legenda Tanjung Busung dan Beting Alang

Kisah Bono yang ada di Pulau Muda

Asal usul Danau Raja dan Buaya Putih

Kenapa harus Meranti Bunting

Asal usul Desa Mengkopot

Asal mula terjadinya Sungai Teluk Pinang

Asal mula terjadinya Bukit Intan

Asal usul Danau Buaya Kari

Bongkal Malang

Asal usul Lubuk Bandong

Legenda asal mula nama Pujud

Asal usul Kolam Loyang

Aliantan

Terbentuknya negeriku Kerumutan

Riwayat nama-nama tempat di Pulau Penyalai

Asal usul Batu Kerbau

Asal usul Candi Muara Takus dan kata Andiko

 

(Al azhar/ Sita Rohana)

Lihat Juga

Sekitar Penghargaan Ingatan Budi

  Tak berlebihan dikatakan bahwa kata “budi” menempati suatu wilayah yang istimewa dalam khazanah Melayu ...

error: Content is protected !!