Beranda / Kabar / Pemprov Riau Gelar Rapat Lanjutan Penguatan Mulok Bersama LAMR
penguatan mulok

Pemprov Riau Gelar Rapat Lanjutan Penguatan Mulok Bersama LAMR

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau menggelar rapat untuk menindaklanjuti program penguatan muatan lokal Budaya Melayu Riau, Rabu (28/7/2018), di ruang rapat Wakil Gubernur Riau, Gedung Menara Lancang Kuning, Kantor Gubernur Riau.

Rapat yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Riau, H. Wan Thamrin Hasyim, itu melibatkan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR)

Tanpak hadir dalam rapat itu, Asisten I Setdaprov Riau Ahmadsyah Harrofie, Kadis Kebudayaan Yoserizal Zein, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ahyu Suhendra, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Riau Zulkarnaen Noerdin.

Sementara itu dari LAMR, terlihat Ketua Umum DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar, Sekretaris MKA LAMR, Datuk Taufik Ikram Jamil. Tak hanya itu, juga tampak perwakilan Bank Riau Kepri, Balai Bahasa, LPMP Riau, Biro Hukum, dan lain-lain.

Sebagaimana diketahui, pencanangan penguatan Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau di Provinsi Riau, sudah diluncurkan pada Senin (25/6/2018) lalu oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

penguatan mulok

Pencanangan Penguatan Mulok ini diaplikasikan baik itu di dunia pendidikan hingga ke ruang publik dengan landasan hukum
Perda dan Pergub.

Sebelumnya Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Al Azhar, mengatakan, pencanangan penguatan mulok budaya Melayu ini sebagai upaya mengaplikasikan visi misi Riau 2020.

Dalam Mulok itu, jelas Al azhar, terdapat pendidikan formal dan ruang publik yang akan diterapkan mulai dari PAUD sampai SMA. Penerapan Mulok ini karena sudah ada kata sepakat, bahwa Riau ini indentik dengan yang namanya Melayu.

Menurut Al azhar, selama ini di lingkup sekolah sudah mengenal Mulok budaya Melayu,  tapi masih terfokus pada huruf Melayu yang aplikasinya dapat dilihat nama-nama jalan dan perkantoran.

“Untuk di pendidikan ini sudah ada Perda penyelenggaran muatan lokal budaya Melayu Riau, yang tujuannya kita ingin menumbuhkan pengetahuan dan pengalaman anak, sekaligus mewujudkan nilai dan norma kemelayuan,” ucap Al azhar. (AL)

Lihat Juga

LAMR Serahkan Dua Dokumen untuk Kemajuan Melayu Kepada Gubri

PEKANBARU- Pimpinan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), beraudiensi dengan Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i. Kepada ...

Satu komentar

  1. Askardiya R Patrianov

    Subtansi materi sangat bermanfaat dalam memperkaya khasanah pelaksanaan tugas saya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *