Beranda / Kabar / Sambut Ramadan, LAMR Pelalawan Gelar “Belimau Sultan” dan “Belimau Adat”

Sambut Ramadan, LAMR Pelalawan Gelar “Belimau Sultan” dan “Belimau Adat”

Bagikan

PEKANBARU: Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten  Pelalawan bersempena menyambut bulan suci Ramadan 1437 Hijriyah akan menyelenggarakan dua kegiatan yaitu “Belimau Sultan” dan “Belimau Adat” yang dilaksanakan di penghujung Mei dan di awal Juni 2016 ini.​
Kegiatan “Belimau Sultan” merupakan: simbol penyucian diri untuk memasuki Ramadan bersama Sultan Pelalawan  H. Tengku Kamaruddin Haroen bertempat di Istana Sayap, Pelalawan, Sabtu, 28 Mei 2016.
Acara ini sekaligus menandakan pemakaian kembali Istana Sayap Kerajaan Pelalawan yang baru dipugar setelah terbakar beberapa tahun yang lalu.
Sementara kegiatan “Belimau Adat” yang dipusatkan di Balai Anjungan Tanjung Bunga Langgam akan dilaksanakan pada 1-2 Juni 2016.
Kegiatan “Belimau Adat” ini terdiri dari dua acara yaitu, pertama, ceramah Pemberdayaan Pemangku dan Kelembagaan Adat Melayu, yang akan disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAMR Datuk Seri Amanah Adat Al azhar, dan Datuk Rajo Adat Luhak 50 Koto pada 1 Juni 2016.
Kedua, keesokan harinya, pada  2 Juni 2016 pagi dilanjutkan dengan acara Togak Tonggol yang merupakan acara adat menegakkan tiang dan panji-panji kebesaran adat Melayu Langgam yang melambangkan kesepakatan para pemangku adat untuk senantiasa menegakkan nilai, aturan, dan resam adat setempat dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut Nurzefri, Sekretaris LAMR Pelalawan, dalam acara Togak Tonggol tahun ini, kesepakatan itu akan kembali disimpul-simpai dengan sumpah-setia para pemangku adat terhadap kesepakatan tersebut.
Acara Togak Tonggol tahun ini akan dihadiri Bupati Pelalawan HM Harris selaku Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat Melayu Pelalawan, masyarakat, dan undangan lainnya.
Rangkaian kegiatan “Belimau Adat” seusai Togak Tonggol dilanjutkan dengan berlimau bersama yang dilaksanakan pada petang harinya. (*)

Lihat Juga

𝐌𝐢𝐥𝐚𝐝 𝐤𝐞-𝟓𝟒, 𝐋𝐀𝐌𝐑 𝐓𝐞𝐠𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐓𝐢𝐚𝐧𝐠 𝐏𝐚𝐧𝐣𝐢 𝐀𝐝𝐚𝐭 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐞𝐧𝐚

Bagikan lamriau.id-PEKANBARU, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menggelar upacara Tegak Tiang Panji Adat. Helat yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!