Beranda / Syahdan / Al azhar: Selamat Jalan, Pak Jek!

Al azhar: Selamat Jalan, Pak Jek!

 

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Riau kembali kehilangan tokohnya. Mantan Kepala Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Riau, Datuk Drs H. Djauzak Ahmad meninggal dunia, Ahad (14/7/2019) sekitar pukul 17.25 WIB sore tadi dalam usia 85 tahun. Beliau salah seorang pendiri LAMR, sekarang duduk di Dewan Kehormatan Adat.

Saya mengenal beliau sejak saya masih kuliah, awal tahun 1980an. Kami memanggil tokoh pendidikan itu dengan nama Pak Jek. Beliau seorang yang amat baik, berterus-terang, kritis, dan bertutur penuh tunjuk ajar kepada yang muda-muda.

Sejak beliau pensiun, beliau selalu hadir dalam majelis-majelis intelektual di kota Pekanbaru. Awal tahun 2000-an, saya mendapat sebutan ‘budak sengal’ dari beliau. ‘Gelar’ itu, katanya suatu kali, beliau simpulkan dari sungut-sungut sebagian orang dari generasi di atas saya yang merasa pendapat-pendapat kritis saya waktu itu agak melampau. Saya tanya, Pak Jek juga merasa hal yang sama? Beliau tertawa, kemudian menyatakan bahwa dia mengagumi ‘kesengalan’ yang berdasar. Maka saya amat senang dengan panggilan ‘si sengal’ itu, karena itulah di antara cara Pak Jek menyayangi saya.

Ketika LAMR sudah memutuskan beliau sebagai salah seorang penerima penghargaan Ingatan Budi tahun ini, kami mengutus Raja Yoserizal Zen untuk memberitahu beliau. Konon, menurut R. Yoserizal Zen, respon pertama beliau atas info itu kurang-lebih adalah, “Ingat juge si sengal Azhar itu kepade saye…”. Wallahu’alam.

Pada malam penyerahan penghargaan Ingatan Budi (2/7/2019), saya mengeluh mesra kepada beliau, karena dua tahun terakhir tak lagi saling menelepon. Lalu, kami bertukar nomor telepon. Kini beliau sudah tiada. Guru yang bijak bestari itu pulang ke pangkuan-Nya. Al Fatihah. Selamat jalan, Pak Jek.

Lihat Juga

Pak UU dan Ingatan Budi

Senang hati karena bertemu Pak UU Hamidy masih terasa sampai pagi ini. Ia datang dalam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!